Selasa, 25 Mei 2010

Belajar Memotret

Beberapa hari ini aku sedang belajar memotret menggunakan kamera digital saku (poket). Secara teori aku membaca bukunya Atok Sugiarto yang berjudul Paparazzi. Meskipun dalam buku itu inti pokok tulisannya lebih kepada bagaimana memotret untuk tujuan kewartawanan na mun dalam bab terakhir ada tulisan yang menguraikan bagaimana menggunakan kamera saku digital. Poin-poin di situ sangat penting bagiku sebagai seorang pemula yang baru belajar memotret.

Memotret ternyata tidak mudah, selain mata harus peka terhadap subyek yang akan dipotret kita harus menguasai benar kamera yang kita pegang. Oleh karena itu dalam rangka menguasai kamera ini, saya berlatih memotret berkali-kali sampai gambar benar-benar bagus untuk ukuran saya. Untung sekarang pakai digital andaikan masih menggunakan film berapa rol yang kita butuhkan untuk belajar menguasai kamera.
Posisi paling sulit ternyata adalah menjaga kamera agar tidak goyang. Di sini jika subyeknya diam mungkin akan memudahkan kita, namun jika subyeknya bergerak maka betapa sulitnya mengambil waktu yang tepat untuk melepaskan rana dan mengatur fokus serta framing.

Tapi sangat menarik, apalagi waktu memotret malam hari, sangat sulit mengatur format kamera yang tepat agar cahaya pas. Namun ternyata apa yang kita lihat dengan mata telanjang belum tentu waktu jadi seperti yang kita lihat. Selalu ada kejutan-kejutan yang tak dikira waktu mengabadikan ruang dan waktu.

Tidak ada komentar: